5 Skill Kerja Seorang Programmer - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Skill Kerja Seorang Programmer

 5 Skill Kerja Seorang Programmer


Di era digital, salah satu karir terbaik yaitu menjadi seorang programmer. Berikut ini ada beberapa skill bagi seorang programmer yang harus dipahami untuk dapat membuat sebuah produk digital, mulai dari aplikasi, website dan lainnya. 

1. Kemampuan memahami struktur data dan algoritma.

     Jadi seorang programmer yang baik, kamu tidak hanya langsung berhubungan dengan coding, tetapi juga harus paham terlebih dahulu algoritma.
     Algoritma ini seperti langkah - langkah atau instruksi yang ditujukan komputer untuk melaksanakan tugasnya. Nah sebelum ke project yang lebih besar, alangkah baiknya pemahaman algoritma ini harus diperdalam terlebih dahulu.

2. Pemahaman Tentang Bahasa Inggris

    Kenapa harus bisa bahasa Inggris ? Sesederhana karena berbagai bahasa pemrograman dan dokumentasi yang ditulis menggunakan bahasa Inggris. 
    Meskipun terdengar sederhana, bisa menjadi sangat penting untuk berkomunikasi ke sesama programmer di berbagai belahan dunia lain untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan di forum khusus. 

3. Keterampilan dalam berkomunikasi

     Ada saatnya beberapa project membutuhkan bantuan programmer lainnya. Mustahil rasanya jika kurang mahir dalam berkomunikasi, nantinya pasti akan kesulitan dalam berdiskusi ataupun mencari bantuan ketika mengalami kesulitan.
     Apalagi jika sudah dihadapkan dengan seorang client, komunikasi akan menjadi faktor utama kesuksesan sebuah project. 

4. Mampu berpikir secara kritis

     Programmer dituntut untuk bisa berpikir secara kritis baik dalam memecahkan suatu permasalahan, ataupun menyusun suatu alur algoritma tertentu. 
     Kemampuan berpikir kritis bagi programmer akan memberikan dampak positif untuk bersemangat meskipun berulang kali harus memperbaiki error yang terjadi. 

5. Kemampuan dalam menulis dan membaca

     Kedua hal ini harus berhubungan dan menjadi modal tambahan sebagai programmer. Selain membaca suatu buku penunjang, programmer juga harus bisa membaca dokumentasi dan source code orang lain. 
     Programmer harus terlatih dalam menuliskan informasi yang baik dan benar terkait dokumentasi sebuah project dibuat. Jadi, kedua hal ini sangat penting dan diperlukan seorang programmer.


Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.