Apa itu Dividen ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Dividen ?

 Apa itu Dividen ? 

Berikut ini mengenal tentang dividen dalam investasi saham :

Dividen adalah bagian dari laba atau pendapatan suatu perusahaan yang besarannya telah ditetapkan oleh direksi dan juga disahkan dalam rapat para pemegang saham yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh pemegang saham. Distribusi pembagian dividen kepada setiap pemilik merupakan tujuan utama dalam bisnis.

Dividen merupakan keuntungan dari perusahaan yang kemudian dibagikan kepada para pemegang saham. Biasanya keuntungan ini diberikan pemegang saham saat RUPS atau Rapat Umum Pegang Saham dan diberikan dalam bentuk uang tunai maupun dalam bentuk rupiah berdasar jumlah saham yang dimiliki. Tidak hanya itu saja, keuntungan tersebut juga bisa diberikan dalam bentuk deviden stok atau memberikan penambahan saham sesuai besarnya keuntungan. Cara untung di saham ada 2 cara : 
1. Capital Gain - > Selisih harga beli dan jual transaksi saham. 
2. Dividen - > Keuntungan para pemegang saham berdasarkan jumlah lembar yang di miliki. 

Kesimpulan
Dividen merupakan pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Dividen dapat diharapkan oleh pemegang saham sebagai hadiah atas kepercayaan mereka pada perusahaan. Pembayaran dividen manajemen perusahaan mencerminkan  perusahaan secara positif dan membantu menjaga kepercayaan investor, dividen juga disukai oleh pemegang saham kepada para investor. 




Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.