Apa itu Stock Split Saham ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Stock Split Saham ?

Apa itu Stock Split Saham ?

Konsep saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan. 'Stock' artinya saham, 'split' artinya membelah / memecah. Jadi, kalau kita artikan, stock split adalah pemecahan saham. 


Sekarang kita dapet informasi di atas seperti ini. Tapi, 1:5 apalagi coba? ya kan. Nah, 1:5 itu adalah rasio nya. Kalau 1:5 berarti 1 lembar saham akan dipecah jadi 5 lembar saham. Kalau 1:4 ya berarti 1 lembar saham dipecah menjadi 4 dan seterusnya. Sekarang, kita tahu Saham Bank BCA ada 25 miliar lembar saham. Sekarang, kita tahu Saham Bank BCA ada 25 miliar lembar saham. Akan di stock split 1:5 Berarti, 1 lembar saham ini akan dipecah menjadi 5 lembar saham. Yang artinya, 25 miliar lembar saham ini akan jadi 125 miliar lembar saham. Konsekuensinya apa nih setelah sahamnya dipecah ? Konsekuensinya adalah, harga saham per lembarnya akan ikutan pecah juga. 

Ketika saham Bank BCA stock split 1:5 kamu dengan uang 1 juta aja udah bisa tuh beli saham Bank BCA karena harga selembarnya nanti kira-kira kurang lebih 6.400 Jadi dengan uang 640 ribu aja kamu udah bisa nih, punya 100 lembar saham (hanya 1 lot) Bank BCA. Dan kamu udah bisa disebut sebagai pemegang saham Bank BCA. Keren. Ya walaupun itu cuma 0,00...8 sekian persen doang. Tapi nggak apa-apa, tetep keren. Kamu pemegang saham Bank BCA. Oh iya bahkan dengan 1 juta tadi, berarti lo masih dapet kembalian 360 ribu habis beli saham Bank BCA tadi.


Jadi lebih murah kan? Jadi, kesimpulannya, stock split ini menguntungkan bagi yang udah punya saham Bank BCA maupun yang belum punya saham Bank BCA. Supaya, orang - orang yang kayak kita nih yang uangnya nggak seberapa, jadi bisa ikutan untuk beli saham Bank BCA. 





Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.