Cara Memahami Jual dan Beli Saham di Aplikasi - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memahami Jual dan Beli Saham di Aplikasi

 Cara Memahami Jual dan Beli Saham di Aplikasi 



Semua orang itu bisa investasi saham. Tidak ribet sama sekali. Kamu cuma butuh mentor yang tepat, bahan belajar yang tepat, dan berani untuk mulai. Dalam postingan artikel ini, saya akan menjelaskan tentang jual beli saham di aplikasi. Apa itu 'bid', apa itu 'ask', bid lot, ask lot, Kenapa angka yang ini berurutan, sedangkan angka yang ini nggak. Fungsinya apa sih, mereka semua? Nah, semua akan aku bahas secara pelan-pelan seperti biasa. Buat lo yang yang belum tahu ini apa, ini adalah order book saham. Bisa dilihat dimana ? di aplikasi sekuritas. 

Kalau lebih banyak yang mau beli, pasti harga akan naik. Sementara, kalau lebih banyak yang mau jual, harganya pasti akan turun. Hukum penawaran dan permintaan sederhana. Berikut ini adalah tampilan sederhana order book di aplikasi Ajaib sekuritas. Terdapat 2 kolom : Harga antri beli saham [Bit] {Sebelah kiri (B.lot - jumlah lot yang nawar) dengan (Bid - harga penawaran)} dan harga antri jual saham [Ask] {Sebelah kanan (Ask - harga permintaan) dengan (A.lot - jumlah lot yang siap dijual)}. 

Karena pergerakan harga saham jangka pendek hanya ditentukan dari seberapa banyak yang mau beli & seberapa banyak yang mau jual. Jangan berfokus pada fluktuasi harga saham harian. Banyak di group whatsapp, facebook bahkan di telegram yang isinya merekomendasi saham. Inilah yang menyebabkan harga saham itu bisa naik tinggi dalam jangka pendek. 

Keputusan investasi itu datangnya harus dari diri kamu sendiri. Bukan di dikte (supaya orang lain bisa mengikuti kata yang di bicarakan orang lain tersebut) sama orang lain. Investasi itu penting banget, tapi belajar dulu gimana caranya berinvestasi dengan baik. #SaatnyaBeraniMulai - Jangan malu untuk belajar saham dari nol. 





Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.