Analisa Fundamental Saham ASII - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisa Fundamental Saham ASII

 Analisa Fundamental Saham ASII

Analisa Fundamental Saham ASII

PT Astra Internasional Tbk berdiri pada 20 Februari 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated dan melantai di bursa saham pada 4 April 1990 PT Astra International Tbk memiliki visi menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia, struktur keuangan yang solid, kepuasaan pelanggan dan efisiensi. 
Astra International Tbk adalah perusahaan induk yang bergerak dalam bidang perdagangan umum, perindustrian, pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan, jasa dan konsultan. Perusahaan mengembangkan bisnis dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari segmen otomotif, segmen jasa keuangan, segmen alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, segmen agribisnis, segmen infrastruktur dan logistik, segmen teknologi informasi, dan segmen properti. 
  • Segmen otomotif meliputi penjualan kendaraan roda empat dengan merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, Peugeot dan BMW; penjualan kendaraan roda dua dengan merek Honda; penjualan suku cadang melalui anak usaha PT Astra Otoparts Tbk; penjualan produk dan jasa lain-lain terkait otomotif melalui Astra World. 
  • Segmen jasa keuangan meliputi penyediaan jasa pembiayaan mobil melalui PT Astra Sedaya Finance dan PT Toyota Astra Financial Services; jasa pembiayaan sepeda motor melalui PT Federal International Finance; jasa pembiayaan alat berat melalui PT Surya Artha Nusantara Finance dan PT Komatsu Astra Finance; penjualan asuransi umum melalui PT Asuransi Astra Buana; penjualan asuransi jiwa melalui PT Astra Aviva Life; jasa perbankan melalui PT Bank Permata Tbk; dan mobile lending fintech melalui PT Astra WeLab Digital Arta. 
  • Segmen alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi meliputi penjualan mesin konstruksi melalui PT United Tractors Tbk dan PT Traktor Nusantara; jasa kontraktor penambangan melalui PT Pamapersada Nusantara; kegiatan pertambangan melalui PT Tuah Turangga Agung dan PT Agincourt Resources; jasa industri konstruksi melalui PT Acset Indonusa Tbk; dan bidang energi melalui PT Bhumi Jati Power. 
  • Segmen agribisnis meliputi perkebunan kelapa sawit melalui PT Astra Agro Lestari Tbk; pabrik pengolahan minyak sawit melalui PT Tanjung Sarana Lestari, PT Kreasijaya Adhikarya dan PT Tanjung Bina Lestari; perdagangan komoditi melalui Astra-KLK Pte. Ltd.; dan peternakan di perkebunan kelapa sawit melalui PT Agro Menara Rachmat. 
  • Segmen infrastruktur dan logistik meliputi jasa infrastruktur umum melalui PT Astra Tol Nusantara dan PT Astra Nusa Perdana; jasa logistik melalui PT Serasi Autoraya; operator jalan tol melalui PT Marga Mandalasakti, PT Marga Trans Nusantara, PT Marga Harjaya Infrastruktur, PT Trans Marga Jateng, PT Trans Bumi Serbaraja dan PT Lintas Marga Sedaya; dan fasilitas pelabuhan laut melalui PT Pelabuhan Penajam Banua Taka. 
  • Segmen teknologi informasi meliputi penyediaan jasa solusi dokumen melalui PT Astra Graphia Tbk; jasa solusi layanan kantor melalui PT Astragraphia Xprins Indonesia; dan jasa solusi teknologi informasi & komunikasi melalui PT Astra Graphia Information Technology. 
  • Segmen properti meliputi jasa pengembangan properti komersial melalui PT Menara Astra; dan perdagangan properti melalui PT Brahmayasa Bahtera, PT Samadista Karya, PT Astra Land Indonesia dan PT Astra Modern Land.

Nama Emiten

PT Astra International Tbk

Kode Saham

ASII

Tanggal IPO

4 April 1990

Alamat

Menara Astra Lt 58-63, Jl. Jendral Sudirman Kav 5-6, Jakarta, 10220

Email


Situs Web


Papan Pencatatan

Utama

Bidang Usaha Utama

Perdagangan Umum. PT Astra International Tbk bergerak pada sektor aneka industri. Kegiatan utamanya meliputi perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi.

Sektor

Perindustrian

Sub Sektor 

Perusahaan Holding Multi Sektor 

Jumlah Lembar Saham ASII

40.483.553.140 lembar / 40,48 M lembar 

Kapitalisasi Market Cap

Rp. 261,12 Triliun

Tentang Astra International Tbk

PT Astra International Tbk, bersama dengan anak perusahaannya, beroperasi di bidang otomotif, jasa keuangan, alat berat, pertambangan, konstruksi, energi, agribisnis, infrastruktur dan logistik, teknologi informasi, dan bisnis properti di Indonesia. Menawarkan mobil, truk, dan sepeda motor dari berbagai merek; memproduksi dan menjual komponen otomotif ke peralatan asli untuk produsen dan pasar pengganti, serta memberikan layanan konsultasi kepada pelanggannya; pembiayaan mobil, sepeda motor, dan alat berat; asuransi jiwa, kendaraan, dan kesehatan, serta asuransi lainnya untuk usaha komersial; dan berbagai produk dan layanan perbankan. Perusahaan juga mendistribusikan alat berat untuk industri pertambangan, perkebunan, konstruksi, kehutanan, transportasi, dan material handling; menyediakan jasa kontraktor pertambangan batubara; mengoperasikan tambang batubara; dan menghasilkan minyak sawit mentah. Selain itu, terlibat dalam pengoperasian jalan tol; sewa kendaraan; penjualan mobil bekas; dan penyediaan jasa logistik dan pergudangan, serta jasa pengiriman barang melalui transportasi darat, laut, dan udara. Selanjutnya, perusahaan menawarkan berbagai solusi bisnis teknologi informasi berbasis teknologi dokumen, informasi, dan komunikasi; dan terlibat dalam kegiatan pengembangan dan pengelolaan properti. Selain itu, terlibat dalam yayasan; bekisting dan bekisting; layanan pompa; dan pekerjaan mekanikal, elektrikal, dan plumbing. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. PT Astra International Tbk merupakan anak perusahaan dari Jardine Cycle & Carriage Limited.

Disclaimer : 
Investasi saham mengandung resiko dan seluruhnya menjadi tanggung Jawab pribadi. Informasi analisa bukan merupakan rekomendasi, ajukan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual / beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi. 
Source : sumber media informasi dari internet.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.