Analisa Fundamental Saham TINS - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisa Fundamental Saham TINS

 Analisa Fundamental Saham TINS

Analisa Fundamental Saham TINS

PT Timah (Persero) Tbk didirikan pada 2 Agustus 1976 dan melantai di bursa saham pada 19 Oktober 1995. PT Timah (Persero) Tbk memiliki visi untuk menjadi perusahaan pertambangan terkemuka di dunia yang ramah lingkungan. Timah Tbk adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang pertambangan timah. Perusahaan merupakan produsen dan eksportir logam timah, dan memiliki segmen usaha penambangan timah terintegrasi mulai dari kegiatan eksplorasi, penambangan, pengolahan hingga pemasaran. Ruang lingkup kegiatan perusahaan juga meliputi bidang pertambangan, perindustrian, perdagangan, pengangkutan dan jasa. Kegiatan utama perusahaan adalah sebagai perusahaan induk yang melakukan kegiatan operasi penambangan timah dan melakukan jasa pemasaran kepada kelompok usaha mereka. Perusahaan memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak dibidang perbengkelan dan galangan kapal, jasa rekayasa teknik, penambangan timah, jasa konsultasi dan penelitian pertambangan serta penambangan non timah. 
  • Produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan meliputi produk timah dan produk non-timah. Perusahaan menghasilkan produk logam timah berkualitas tinggi, bersertifikasi dan terdaftar di The London Metal Exchange (LME) dan Bursa Komoditi Derivatif Indonesia (BKDI). Perusahaan memproduksi logam timah dan turunannya dengan produk utama meliputi logam timah murni batangan, tin solder, dan tin chemical. Untuk produk non-timah, perusahaan melalui entitas anak menjalankan kegiatan usaha di luar operasi penambangan, seperti jasa teknik dan perbaikan galangan kapal untuk melayani permintaan internal maupun eksternal perusahaan, yaitu penyediaan jasa perawatan kapal laut, pembuatan kapal laut, jasa perdagangan (sewa / beli) produk kapal laut dan jasa galangan kapal lainnya; jasa pelayanan rumah sakit yang menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat umum, dan memiliki 8 unit usaha yang tersebar di kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau dan Tanjung Balai Karimun, dan terdiri dari 4 rumah sakit dan 4 klinik kesehatan; jasa / bidang agrobisnis yang mengembangkan usaha seperti pertanian, peternakan dan jasa reklamasi lahan pertanian; serta jasa properti yang bergerak di sektor pembangunan atau pengelola tanah untuk sarana pemukiman, yang mengembangkan properti di 3 kawasan strategis. 
  • Pemasaran logam timah produk perusahaan hampir 95% untuk memenuhi pasar di luar negeri dan sekitar 5% untuk memenuhi pasar domestik. Negara yang menjadi tujuan ekspor timah, antara lain Asia yang meliputi Jepang, Korea, Taiwan, China, dan Singapura; wilayah Eropa yang meliputi Inggris, Belanda, Perancis, Spanyol, Italia; serta wilayah Amerika dan Kanada. Distribusi produksi timah untuk ekspor dilakukan melalui pelabuhan di Singapura, sedangkan untuk pasar domestik dilaksanakan langsung melalui gudang di Jakarta. Tipe pembeli logam timah dibedakan dalam kelompok pengguna langsung, seperti pabrik, industri solder, industri pelat timah dan pedagang distributor. Sistem penjualan timah dilakukan melalui satu pintu, sehingga perusahaan hanya bertransaksi melalui Indonesian Commodity and Derivative Exchange (ICDX), termasuk produsen timah lainnya di Indonesia. Setiap penjual dan pembeli diharuskan terdaftar dulu sebagai anggota di ICDX, setelah itu baru dapat melakukan transaksi di bursa yang berlokasi di Jakarta.

Nama Emiten

PT Timah (Persero) Tbk

Kode Saham

TINS

Tanggal IPO

19 Oktober 1995

Alamat

Jl. Medan Merdeka Timur No. 15 Jakarta 10110 Indonesia

Email


Situs Web


Papan Pencatatan

Utama

Bidang Usaha Utama

Metal and Mineral Mining. PT Timah (Persero) Tbk bergerak pada sektor pertambangan. Kegiatan utamanya meliputi pertambangan, perindustrian, perdagangan, pengangkutan dan jasa.

Sektor

Barang Baku

Sub Sektor 

Barang Baku

Jumlah Lembar Saham TINS

7.447.753.454 lembar / 7,45 M lembar

Kapitalisasi Market Cap

Rp. 6,59 Triliun

Tentang Timah Tbk

PT Timah Tbk bergerak dalam operasi penambangan dan peleburan timah di Indonesia. Perusahaan beroperasi melalui segmen Pertambangan Timah, Industri, Konstruksi, Pertambangan Batubara, dan Lainnya. Menawarkan timah Banka, timah Mentok, timah Banka rendah, dan timah Kundur, serta solder timah dan produk kimia; dan produk non-timah, seperti batubara, nikel, dan pasir kuarsa. Perusahaan juga terlibat dalam penyediaan perbengkelan, konstruksi, galangan kapal, real estate, kesehatan, transportasi, rekayasa dan perbaikan kapal, dan jasa keagenan pemasaran, serta dalam kegiatan pertanian dan perdagangan. Ia juga mengekspor produknya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1976 dan berkantor pusat di Bangka, Indonesia. PT TIMAH Tbk merupakan anak perusahaan dari PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

Disclaimer : 
Investasi saham mengandung resiko dan seluruhnya menjadi tanggung Jawab pribadi. Informasi analisa bukan merupakan rekomendasi, ajukan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual / beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi. 

Source : sumber media informasi dari internet.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.