Fungsi Konsep Jaringan Alamat IP Address - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Konsep Jaringan Alamat IP Address

 Fungsi Konsep Jaringan Alamat IP Address

Fungsi Konsep Jaringan Alamat IP Address

IP Address berupa deretan angka biner yang disusun dengan kisaran antara 32 bit sampai dengan 128 bit dan digunakan sebagai alamat identifikasi pada masing " alat. Dalam ilmu jaringan komputer, penggunaan angka dengan 32 bit dipakai pada IP Address khusus versi IPv4, sedangkan untuk angka 128 bit untuk yang versi IPv6. Berikut ini fungsi IP Address sebagai berikut :

1. IP Address Sebagai Alat Identifikasi Host 

    IP ddress digunakan sebagai nama atau identitas, terutama dalam semua aktivitas yagn berhubungan dengan jaringan. Pada sistem jaringan komputer dikenal isitilah host dan penggunaan IP Address dimaksudkan untuk mengidentifikasi masing " host. Tentu saja tidak boleh ada host yang memilki IP Address sama dalam jaringan tersebut.

2. IP Address Sebagai Alamat Lokasi Jaringan

    Selain sebagai identifikasi host penggunaan, IP Address dimaksudkan sebagai alamat lokasi jaringan. Maksudnya adalah penamaan IP Address bisa memberikan informasi dari negara mana komputer atau host yagn dimaksud. Fungsi ini biasanya dijalankan pada aktivitas menggunakan internet karena dengan IP Address data bisa sampai pada komputer yang tepat.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.