Analisa Fundamental Saham MCOL - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisa Fundamental Saham MCOL

Analisa Fundamental Saham MCOL

Analisa Fundamental Saham MCOL

PT Prima Andalan Mandiri Tbk didirikan pada tahun 2005 dengan visi untuk menjadi perusahaan yang dapat menggerakan masa depan lebih baik melalui penyediaan batu bara berkualitas untuk kebutuhan global; fokus pada kesejahteraan dengan komitmen tulus, integritas tinggi dan perilaku bisnis yang baik; serta mewujudkan kepengurusan lingkungan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Prima Andalan Mandiri Tbk adalah suatu perusahaan induk yang mempunyai entitas anak yang bergerak di bidang usaha pertambangan dan perdagangan batubara, jasa kontraktor penambangan serta angkutan laut dan bongkar muat batubara yang terletak di Kalimantan Utara. Dalam menjalankan usaha, perusahaan dan entitas anak memiliki bisnis yang terintegrasi dari tambang hingga ke pelabuhan laut. Perusahaan melalui entitas anak memiliki 3 unit usaha yang terdiri dari pertambangan batubara, jasa kontraktor penambangan batubara dan transshipment. Perusahaan melalui anak usaha memiliki izin PKP2B generasi kedua, dan memperoleh izin untuk melakukan kegiatan penambangan di wilayah konsesi yang meliputi area seluas 9.240 hektar. Wilayah konsesi perusahaan dibagi menjadi 3 blok, yaitu blok A, blok B dan blok C dan seluruh area konsesi perusahaan ditetapkan sebagai areal penggunaan lain (APL). Batubara perusahaan masuk dalam kategori sub-bituminus dengan nilai kalori berkisar antara 4.600 kkal/kg sampai dengan 5.100 kkal/kg GAR yang memiliki kadar abu dan sulfur yang relatif rendah sehingga dapat dikategorikan sebagai batubara yang ramah lingkungan. Perusahaan melalui entitas anak, menjalankan usaha yang bergerak di bidang jasa kontraktor penambangan batubara, dan merupakan kontraktor utama entitas anak usaha pertambangan, dengan kegiatan penambangan yang dilakukan mencakup pemindahan overburden dan penyewaan alat berat untuk proses penambangan. Entitas anak perusahaan lainnya bergerak di bidang pengapalan batubara, yang prosesnya dilakukan dari sungai Krassi ke mother vessel di titik pemuatan pelabuhan laut, dengan mengoperasikan sebanyak 19 set kapal tunda dan tongkang dengan ukuran 300 dan 330 feet, serta mengoperasikan 3 unit floating crane untuk memindahkan batubara dari tongkang ke mother vessel di pelabuhan laut. Pelanggan perusahaan adalah pelanggan tetap yang sudah berhubungan dengan perusahaan selama lebih dari 5 tahun. Perusahaan menjual batubara dengan harga FOB (free on board). Kontrak perusahaan dengan pelanggan adalah berbasis spot. Penetapan harga batubara perusahaan dilakukan dengan mengamati kondisi pasar dan juga referensi dari berbagai indeks internasional, seperti harga batubara acuan (HBA), Indonesian Coal Index (ICI), Newcastle dan sebagainya. Sebagian besar batubara perusahaan diekspor ke China, India dan Asia Tenggara, dengan pelanggan perusahaan didominasi oleh perusahaan perdagangan batubara. 

Nama Emiten

PT Prima Andalan Mandiri Tbk 

Kode Saham

MCOL

Tanggal IPO

7 September 2021

Alamat

Gedung Office 8, Lantai 28 SCBD Lot. 28, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52 - 53, Kebayoran Baru, Jakarta 12190

Email


Situs Web


Papan Pencatatan

Utama

Bidang Usaha Utama

Pertambangan Batubara dan Jasa Pertambangan Melalui Entitas Anak. PT Prima Andalan Mandiri Tbk bergerak dalam bidang pertambangan batubara dan jasa pertambangan melalui anak usahanya yang memiliki wilayah eksplorasi dan eksploitasi berlokasi di Kalimantan Utara yaitu Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung. Perusahaan memulai kegiatan komersialnya pada tahun 2011.

Sektor

Energi

Sub Sektor 

Minyak, Gas & Batubara 

Jumlah Lembar Saham MCOL

1.924.688.333 lembar / 1,92 M lembar

Kapitalisasi Market Cap

Rp. 20,80 Triliun

Tentang Prima Andalan Mandiri Tbk

PT Prima Andalan Mandiri Tbk, melalui anak perusahaannya, beroperasi sebagai perusahaan pertambangan batubara di Indonesia. Ini menawarkan batubara sub-bituminous. Perusahaan mengembangkan dan mengoperasikan proyek pertambangan batu bara seluas 9.240 hektar yang berlokasi di Sungai Krassi, Kecamatan Sesayap, dan Sembakung, Kalimantan Utara. Ini juga menyediakan jasa kontraktor pertambangan dan pengiriman. The company was founded in 1989 and is headquartered in Jakarta, Indonesia. PT Prima Andalan Mandiri Tbk operates as a subsidiary of Pt Edika Agung Mandiri. 

Disclaimer : 
Investasi saham mengandung resiko dan seluruhnya menjadi tanggung Jawab pribadi. Informasi analisa bukan merupakan rekomendasi, ajukan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual / beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi. 

Source : sumber media informasi dari internet.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.