Analisa Fundamental Saham SMGR - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisa Fundamental Saham SMGR

 Analisa Fundamental Saham SMGR

Analisa Fundamental Saham SMGR]

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk didirikan pada 25 Maret 1953 dengna nama "NV Pabrik Semen Indonesia" dan melantai di bursa saham pada 8 Juli 1991. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memiliki visi untuk menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional dengan menyediakan berbagai produk dan layanan yang lengkap dan berkualitas. Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang industri semen meliputi kegiatan memproduksi dan mendistribusikan produk semen serta produk hilir semen. Perusahaan menghasilkan beberapa produk semen yaitu Semen Portland Tipe I / Ordinary Portland Cement (OPC), Semen Portland Tipe II, Semen Portland Tipe V, Special Blended Cement (SBC), Portland Slag Cement, Portland Pozzolan Cement (PPC), Portland Composite Cement (PCC), Oil Well Cement (OWC) dan Super White Cement. 
  • Semen Portland Tipe I / Ordinary Portland Cement (OPC) digunakan untuk konstruksi umum, antara lain bangunan perumahan, gedung bertingkat, landasan pacu, dan jalan raya. Semen Portland Tipe II digunakan untuk bangunan di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, beton massa, dan bendungan. Semen Portland Tipe V dipakai untuk konstruksi bangunan pada tanah / air yang mengandung sulfat tinggi dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbah pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan, dan pembangkit tenaga nuklir. Special Blended Cement (SBC) adalah semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan mega proyek jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dan sesuai digunakan untuk bangunan di lingkungan air laut. Portland Slag Cement adalah semen dengan spesifikasi di atas tipe IV, yang diformulasikan khusus bagi industri ready mix dan precast untuk kebutuhan pembangunan proyek skala besar seperti gedung tinggi, fly over, terowongan bawah tanah, dsb. Portland Pozzolan Cement (PPC) digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang, seperti jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi dan fondasi pelat penuh. Portland Composite Cement (PCC) digunakan untuk konstruksi beton umum, pasangan batu bata, plesteran, selokan, pembuatan elemen bangunan khusus seperti beton pra-cetak, beton pra-tekan dan paving block. Oil Well Cement (OWC) merupakan semen khusus yang digunakan untuk pembuatan sumur minyak bumi dan gas alam dengan konstruksi sumur minyak di bawah permukaan laut dan bumi. Super White Cement dapat diaplikasikan untuk dekorasi baik interior maupun eksterior, serta melapisi nat sambungan keramik, profil dan lainnya. 
  • Merek produk semen yang dipasarkan perusahaan adalah Semen Padang, Semen Tonasa, Semen Gresik dan Thang Long Cement. Semen Padang memiliki 5 pabrik semen dengan kapasitas desain 10,9 juta ton semen per tahun, berlokasi di Indarung, Sumatera Barat. Semen Padang juga mempunyai 9 packing plant semen, yaitu di Teluk Bayur, Belawan, Batam, Tanjung Priok, Ciwandan, Malahayati, Lhokseumawe, Bengkulu dan Lampung serta mempunyai 14 gudang penyangga dan 1 pelabuhan. Semen Tonasa memiliki 4 pabrik semen, kapasitas desain 7,6 juta ton semen per tahun, berlokasi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Semen Tonasa juga mempunyai 10 packing plant, yaitu di Biringkassi, Makassar, Mamuju, Sofifi, Palu, Bitung, Kendari, Samarinda, Ambon dan Celukan Bawang Bali; serta mempunyai 5 gudang penyangga. Semen Gresik mengoperasikan 5 pabrik dengan kapasitas desain 17,4 juta ton semen per tahun yang berlokasi di Tuban-Jawa Timur, dan Rembang-Jawa Tengah. Semen Gresik juga mempunyai 2 pelabuhan, yaitu Pelabuhan Khusus Semen Gresik di Tuban dan Gresik. Semen Gresik mengoperasikan 2 gudang penyangga di Jawa dan Bali serta mengoperasikan 6 packing plant di Ciwandan, Banyuwangi, Sorong, Balikpapan, Pontianak dan Banjarmasin. Thang Long Cement memiliki satu pabrik, kapasitas desain 2,3 juta ton semen per tahun, berlokasi di provinsi Quang Ninh dengan pelabuhan milik sendiri (Thang Long Jetty) untuk kapasitas muat kapal sampai 30.000 DWT. Thang Long Cement juga memiliki pabrik penggilingan yang terletak di pinggiran kota Ho Chi Minh; dan 3 pengantongan semen (rotary packer). 
  • Perusahaan menjalankan bisnis pendukung seperti logistik yang terdiri dari logistik terintegrasi, transportasi darat, transportasi laut, international freight forwarder; perdagangan yang terdiri dari international trading, perdagangan umum industri, perdagangan umum tambang; pertambangan & sewa alat berat; kawasan industri; ready mix concrete; precast concrete; aggregate product; masonry & other concrete product; ground granulated blast furnace slag (GGBFS); kemasan industri; serta jasa dan konsultasi.

Nama Emiten

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

Kode Saham

SMGR

Tanggal IPO

8 Juli 1991

Alamat

South Quarter Tower A, LT. 19-20 Jl. RA Kartini, Kav. 8, Jakarta Selatan 12430

Email


Situs Web


Papan Pencatatan

Utama

Bidang Usaha Utama

Produsen Semen. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bergerak pada sektor industri dasar dan kimia. Kegiatan utamanya meliputi berbagai kegiatan industri.

Sektor

Barang Baku

Sub Sektor 

Barang Baku

Jumlah Lembar Saham SMGR

6.751.540.089 lembar / 6,75 M lembar

Kapitalisasi Market Cap

Rp. 34,48 Triliun

Tentang Semen Indonesia (Persero) Tbk

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, bersama dengan anak perusahaannya, memproduksi, mengemas, dan mendistribusikan semen di Indonesia dan internasional. Perusahaan ini juga terlibat dalam penambangan batu kapur dan tanah liat; pembuatan kantong semen; pengembangan real estat industri dan persewaan gedung; produksi quarry beton dan agregat siap pakai; dan konsultasi, pertambangan, perdagangan, transportasi, dan kegiatan konstruksi. Selain itu, bergerak dalam bisnis sistem informasi, investasi, pengiriman barang, bongkar muat, transportasi laut, manajemen logistik jasa, outsourcing, dan bahan bangunan, serta pengadaan barang dan jasa publik. Perusahaan ini sebelumnya bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk dan berubah nama menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada Januari 2013. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk didirikan pada tahun 1953 dan berkantor pusat di Jakarta Selatan, Indonesia.

Disclaimer : 
Investasi saham mengandung resiko dan seluruhnya menjadi tanggung Jawab pribadi. Informasi analisa bukan merupakan rekomendasi, ajukan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual / beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi. 

Source : sumber media informasi dari internet. 

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.