Belajar Materi Cyber Security : Materi Jaringan - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Materi Cyber Security : Materi Jaringan

 Belajar Materi Cyber Security : Materi Jaringan

Belajar Materi Cyber Security Materi Jaringan

Berikut ini bagi anda yang ingin belajar materi cyber security tentang materi jaringan :

1. Mempelajari IP Address

     IP Address adalah sebuah alamat suatu sistem perangkat dengan menggunakan angka sebagai identitas yang diberikan kepada sebuah perangkat komputer agar komputer tersebut dapat berkomunikasi dengan satu sama komputer lain melalui jaringan internet. Anda juga harus paham dalam membedakan suatu sistem kerja jaringan IP Address Lokal dengan IP Address Publik. IP Address yang biasa digunakan umumnya menjadi tiga kelas, yaitu:
  • Kelas A : 1.0.0.0 – 126.255.255.255
  • Kelas B : 128.0.0.0 – 191.255.255.255
  • Kelas C : 192.0.0.0 – 223.255.255.255
Keterangan :
Merah : network 
Hitam : host 

2. Belajar Teknologi Jaringan Komputer : LAN - MAN - WAN - PAN

     Seorang hacker harus mengetahui teknologi jaringan komputer yang digunakan, seperti LAN, MAM, WAN dan PAN. Biasanya seorang hacker akan melakukan sebuah teknik Man In The Middle, Sniffer, Phising dan lain ".

3. Mempelajari Jenis Port

    Port adalah sebuah layanan komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP / IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada client atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server. Biasanya seorang hacker menggunakan tools tambahan untuk melihat port apa saja yang terbuka dengan menggunakan nmap sehingga service (layanan) apa saja yang dijalankan di mesin target dapat diketahui. Contohnya : 
Pada sebuah service (layanan) http data yang selalu lewat dan tidak terenkripsi sehinggga memiliki kerentanan terhadap tools lalu lintas jaringan data, seperti Wireshark. Dalam hal ini password atau data sensitif yang anda gunakan bisa jadi sedang diawasi oleh seorang hacker. Teknik ini disebut dengan sniffing. Berbeda dengan service (layanan) https yang melakukan enkripsi sehingga lebih aman.

4. Konfigurasi Jaringan IP Address


Dalam sebuah jaringan terdapat sebuah alamat IP Address (identitas sebuah komputer) yaitu Peer - To - Peer, Point - To - Point, DHCP Dinamik dan Statik, Client - To - Server, Private dan Publik. Seorang hacker harus mengetahui konfigurasi dalam sebuah jaringan. Apakah jaringan yang digunakan itu menggunakan jaringan IP Address Private / Publik / DHCP / Peer - To - Peer / Point - To - Point / Client - To - Server ?

5. Pelajari Perangkat Sebuah Jaringan 

    Perangkat jaringan pada komputer adalah sebuah perangkat keras (hardware) dalam mentransfer sebuah data ke komputer. Seorang hacker akan membutuhkan suatu perangkat jaringan dalam mentransfer sebuah data ke komputer, contohnya : 
  • Kabel jaringan dan konektor (UTP, STP dan lain ")
  • Modem atau Flaskdisk
  • Router
  • Komputer atau Laptop
  • Dan lain - lain

6. Mempelajari Materi Keamanan Jaringan (Network Security) 

     Network Security atau keamanan jaringan adalah sebuah proses untuk mengidentifikasi dan mencegah pengguna yang tidak sah dari suatu jaringan komputer. Tujuannya tentu saja untuk mengantisipasi resiko ancaman berupa perusakan bagian fisik komputer maupun pencurian data seseorang. Seorang hacker harus menguasai network security (keamanan jaringan) untuk mencegah terjadinya kebocoran data. Contohnya : seperti firewall (memblokir situs web, menyaring konten, mengatur lalu lintas jaringan sebuah data dan lain "), memasang antivirus dan melakukan backup data.

7. Mempelajari Layanan Jaringan 

     Seorang hacker harus mengetahui sebuah layanan jaringan untuk mentransfer sebuah data dan berkomunikasi satu komputer lain. Contohnya : Host, Port, DNS, Name Server dan lain ". Biasanya seorang hacker akan mudah mengambil sebuah informasi sensitif yang berupa data, seperti account (username, email dan password), kartu kredit dan rekening bank dengan melakukan teknik information gathering (mecari dan mengumpulkan sumber informasi).
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.