Mengenal Apa Itu Dark Web - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Dark Web

 Mengenal Apa Itu Dark Web

Mengenal Apa Itu Dark Web

Dark Web adalah bagian internet paling dalam yang berisi konten atau situs yang tidak bisa diindeks oleh search engine dan hanya bisa diakses dengan browser tertentu. 

Apa Itu Dark Web ?

Kamu pastinya pernah mengakses Google kan ? Bagaimana dengan Twitter, Youtube dan Wikipedia ?

Situs - situs yang dapat kita akses secara bebas dan muncul pada search engine merupakan situs -  situs clear web atau surface web. Di sisi lain, ternyata ada pula situs -situs yang tidak bisa diakses oleh sembarangan. Situs - situs rahasia yang tersembunyi dan tidak bisa diakses oleh sembarang orang, inilah yang disebut dark web.

Mengenal Dark Web

Dark web merupakan sebagian kecil dari internet yang kurang terekspos (terindex) secara publik. Dark web kurang terekspos (terindex) karena situs - situsnya tidak akan muncul pada pencarian search engine biasa.
 
Dark web biasanya digunakan oleh mereka yang tidak ingin kegiatannya di internet diketahui oleh pihak - pihak lainnya., misalnya pemerintah. Dark web memfasilitasi hal tersebut dengan membuat rute komunikasi para penggunanya melewati sejumlah server terlebih dahulu. Di setiap langkahnya juga terdapat enkripsi untuk menjamin kerahasiaan identitas penggunanya.

Apa Isi Dark Web ?

Karena sifatnya misterius, dark web terkenal sebagai tempat berjalannya aktivitas - aktivitas ilegal di internet. Terlebih pada tahun 2016, Daniel Moore dan Thomas Rid, peneliti dari King's College London, mengidentifikasi bahwa ada 48 % dari 5205 situs dark web yang sudah tidak aktif. 

Dari 52 % situs yang aktif, lebih dari setengahnya digunakan untuk aktivitas - aktivitas terlarang, seperti jual beli narkoba, pencucian uang, pencurian kartu kredit, bahkan sebagai wadah terorisme. 

Sisi Lain Dark Web 

Meskipun banyak situs ilegal dalam dark web, tetap ada pihak - pihak yang memanfaatkan dark web untuk tindakan - tindakan positif. 

Misalnya saja, dark web aman untuk menyimpan konten yang tidak boleh diakses oleh sembarang orang, seperti data server internal perusahaan atau konten terkait pemerintahan. Selain itu, ada juga pengguna dark web yang sekedar menginginkan aspek anonimitas dari dark web. Misalnya, ProPublica, sebuah organisasi berita investigasi, yang memiliki situsnya sendiri di dark web sebagai fasilitas bagi narasumber yang tidak ingin diketahui identitasnya.

Bahaya Mengakses Dark Web 

Karena sifatnya yang anonim, dark web ideal untuk menjadi sarang tempatnya bagi banyak hacker dan cracker. Karena itulah dapat terjadi pencurian data - data penting melalui dark web. Selain itu, dark web juga penuh malware dan situs phising. 

Tidak hanya menyerang individu, situs di dark web juga dapat membahayakan perusahaan. Menurut studi milik Dr. Michael McGuires dari University of Surrey, 60 % situs dark web di tahun 2019 dapat membahayakan perusahaan. Ancamannya meliputi penyebaran malware, trojan, phising, pencurian data - data perusahaan dan lainnya.

Source : sumber media informasi dari internet.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.