Mikrokontroler : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mikrokontroler : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi

Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi Mikrokontroler


Mikrokontroller adalah sebuah chip berbentuk chip IC (Integrated Circuit) yang dirancang untuk melakukan tugas atau operasi tertentu. Pada dasarnya, sebuah IC Mikrokontroler terdiri dari satu atau lebih Inti Prosesor (CPU), Memori (RAM dan ROM) serta perangkat input dan output yang dapat diprogram.

Pengertian 

Mikrokontroller adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program dari CPU (Central Processing Unit), memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya. Jadi, mikrokontroller adalah komputer yang berukuran mikro dalam satu chip IC (integrated circuit) yang terdiri dari processor, memory, dan antarmuka yang bisa diprogram terdiri dari CPU, memory, dan I/O yang bisa kita kontrol dengan memprogramnya.

Cara Kerja 

Berikut ini cara kerja mikrokontroller sebagai berikut :
  • Berdasarkan nilai yang berada pada register program counter, mikrokontroler mengambil data pada ROM dengan alamay yang tertera pada register program counter. Selanjutnya isi dari register program counter ditambah dengan satu (increment) secara otomatis.
  • Data yang diambil pada ROM merupakan urutan intruksi program yang telah dibuat dan diisikan sebelumnya oleh pengguna.
  • Instruksi yang diambil tersebut diolah dan dijalankan oleh mikrokontroler. Proses pengerjaan bergantung 
  • pada jenis instruksi, bisa membaca, mengubah nilai-nilai pada register, RAM, isi Port,atau melakukan pembacaan dan dilanjutkan dengan pengubahan data.
  • Program Counter telah berubah nilainya (baik karena penambahan otomatis pada langkah 1, atau karena pengubahan-pengubahan pada langkah 2). Selanjutnya yang dilakukan oleh mikrokontroler adalah mengulang kembali siklus ini pada langkah 1. Demikian seterusnya hingga power dimatikan.
  • Rizki M Farhan
    Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.