Protokol Jaringan HTTP : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Protokol Jaringan HTTP : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Protokol Jaringan HTTP 

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja  Protokol Jaringan HTTP

HTTP adalah protokol jaringan lapisan aplikasi (application layer) yang dikembangkan untuk membantu proses transer antar komputer. Protokol jaringan HTTP ini berguna untuk mentransfer informasi seperti dokumen, file, gambar dan video antar  komputer.

Pengertian


HTTP adalah sebuah protokol yang dipergunakan untuk mengirimkan dokumend dari WWW (World Wide Web) dan mengatur komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web. 
HTTP merupakan singkatan Hypertext Transfer Protocol, yaitu sebuah protokol yang berguna untuk komunikasi antara sistem yang berbeda. HTTP biasanya lebih sering digunakan untuk mengirimkan data dari web server ke browser untuk menampilkan halaman website.

Jadi, HTTP adalah komponen website yang mengatur pertukaran data yang terjadi di dalam internet. Protokol inilah yang membuat web client (browser) dan web server (aplikasi web) dapat terhubung. Protokol jaringan HTTP mengatur proses transmisi dan bagaimana format data dikirimkan.

Cara Kerja

Berikut ini cara kerja protokol jaringan HTTP :
a. HTTP Client membuat sambungan, lalu mengirimkan permintaan dokumen ke web server. 

b. HTTP Server kemudian memproses permintaan client, setelah itu HTTP klien menunggu respon dari server tersebut.Selanjutnya web server merespon permintaan dengan kode status data, selanjutnya menutup sambungan ketika telah selesai memproses permintaan.

Protokol jaringan HTTP membantu koneksi jaringan web client untuk mengambil web resource yang ada di aplikasi web. ontoh dari web resource tersebut seperti dokumen HTML, PDF, JSON, dan file-file lainnya yang tersimpan di dalam web server.

Supaya web client dapat mengakses berbagai macam resource di dalam web server, mereka menggunakan URL.

Contohnya ketika Anda ingin mengakses sebuah situs website :
















 http://   www.niagahoster.co.id    /blog/pengertian-http/ 
 Protokol jaringan  Alamat web server  Lokasi web resource di dalam web server 

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.