Perbedaan IDE dan Text Edior - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan IDE dan Text Edior

Perbedaan IDE dan Text Editor


IDE dan text editor adalah dua jenis perangkat lunak yang digunakan oleh pengembang perangkat lunak, pemrogram, dan penulis kode untuk membuat, mengedit, dan mengelola kode komputer. Namun, ada perbedaan penting antara keduanya :

Text Editor

Text editor adalah suatu software yang memungkinkan seseorang untuk membuka, melihat, dan mengedit file plain text atau teks biasa. Tak seperti software pengolah kata seperti Microsoft Word, text editor tak memiliki fungsi untuk memformat dan hanya fokus pada mengolah teks biasa.

Software ini sangat berguna bagi programmer atau developer untuk membaca bahasa pemrograman.

Tidak hanya membaca saja, text editor juga memudahkan penggunanya untuk menulis kode.

Jika kamu pengguna Windows, mungkin sudah tidak asing lagi dengan software yang bernama Notepad.

Nah, software tersebut merupakan salah satu contoh dari text editor.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, programmer membutuhkan text editor untuk menyusun sebuah aplikasi.

Sebab, membaca bahasa pemrograman secara manual cukup memakan waktu yang lama.

Untuk itu, text editor membantu programmer untuk menyelesaikan pekerjaannya secara efektif.

Tidak hanya menyusun aplikasi, saat membuat sebuah website, software ini juga berperan penting.

Secara umum, text editor menyajikan beragam fitur, mulai yang sederhana sampai yang lengkap dengan berbagai tambahan plugin yang tersedia.

Jadi, dalam penggunaannya seseorang akan memilih text editor sesuai dengan kebutuhan. 

Text editor merupakan salah satu aplikasi yang sering sekali dipakai oleh beberapa profesi termasuk; publisher, development teams, programmer dan masih banyak lagi. Intinya, text editor sangat terlibat dengan alur kerja setiap profesi karena tanpa disadari, kamu pasti akan memakai nya suatu saat nanti.

Text editor merupakan salah satu aplikasi yang sering sekali dipakai oleh beberapa profesi termasuk; publisher, development teams, programmer dan masih banyak lagi. 

Intinya, text editor sangat terlibat dengan alur kerja setiap profesi karena tanpa disadari, kamu pasti akan memakai nya suatu saat nanti.

Memilih text editor terbaik dan yang tepat tentunya sangat susah karena banyak nya opsi. Ada beberapa text editor yang tepat untuk developer yang sudah mahir, namun ada beberapa yang dibuat untuk memudahkan pemula. 

Jadi, text editor merupakan sebuah program yang digunakan untuk mengedit serta mengkreasi beberapa text file, lebih tepatnya lagi dengan file yang berisi bahasa programming atau tempat dimana kamu menulis code menggunakan nya untuk coding.

Dengan demikian, text editor bisa menangani berbagai macam bahasa, seperti; HTML, CSS, JavaScript, PHP, Ruby, Python, dan lain - lain.

IDE

Integrated Development Environment (IDE) adalah aplikasi penyunting teks (editor teks) dengan tambahan fitur-fitur lain untuk mempermudah pengembangan aplikasi. Membuat Aplikasi sangat disarankan menggunakan IDE (Integrated Development Environment). IDE adalah sebuah code editor pintar yang lebih dari sekedar text editor. IDE memiliki kemampuan untuk melakukan code management, kompilasi kode program secara otomatis, sampai bisa digunakan untuk membuat distribution file dari kode program yang kita buat.

Ada banyak sekali pilihan IDE yang bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi. 


Saat memilih antara text editor dan IDE, pilihannya akan bergantung pada kebutuhan Anda sebagai pengembang. Text editor cocok untuk proyek-proyek yang lebih sederhana atau untuk mereka yang lebih suka memiliki kendali langsung atas kode mereka. Sementara itu, IDE adalah pilihan yang lebih kuat untuk pengembangan perangkat lunak yang lebih besar dan kompleks karena mereka menyediakan berbagai alat dan fitur yang mendukung alur kerja pengembangan yang lebih besar. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.