Apa Itu Ethereum (ETH) ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Ethereum (ETH) ?

 Apa Itu Ethereum (ETH) ?

Apa Itu Ethereum ?

Ethereum adalah sebuah platform komputasi terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menjalankan aplikasi terdistribusi (DApps). Ethereum menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat transaksi dan memastikan keamanan jaringan. Ethereum adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang mengikuti seperangkat aturan yang disebut protokol Ethereum. Jaringan Ethereum bertindak sebagai landasan bagi komunitas, aplikasi, organisasi, dan aset digital yang dapat dibangun dan digunakan oleh siapa saja. 

Anda dapat membuat akun Ethereum dari mana saja, kapan saja, dan menjelajahi dunia aplikasi atau membangun aplikasi Anda sendiri. Inovasi intinya adalah Anda bisa melakukan semua ini tanpa harus mempercayai otoritas pusat yang dapat mengubah aturan atau membatasi akses Anda. Ethereum adalah salah satu platform blockchain paling populer di dunia. Ethereum memiliki potensi untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan komputer dan internet. 

Ethereum memiliki berbagai macam aplikasi, termasuk :
  • DApps : DApps adalah aplikasi yang berjalan di jaringan Ethereum. DApps dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti keuangan, game, dan media sosial. 
  • Kontrak cerdas : Kontrak cerdas adalah program yang berjalan di blockchain Ethereum. Kontrak cerdas dapat digunakan untuk membuat perjanjian yang dapat ditegakkan secara otomatis. Aplikasi keuangan terdesentralisasi.
  • (DeFi) : DeFi adalah aplikasi keuangan yang berjalan di jaringan Ethereum. DeFi dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, seperti pinjaman, investasi, dan perdagangan. 
Mata uang kripto yang dirancang untuk aplikasi terdesentralisasi dan penerapan kontrak pintar, yang dibuat dan dioperasikan tanpa penipuan, gangguan, kontrol atau gangguan dari pihak ketiga. Ethereum adalah crypto asset paling berharga kedua setelah BTC (Bitcoin).
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.