Apa Itu Cardano (ADA) ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Cardano (ADA) ?

 Apa Itu Cardano (ADA) ?

Apa Itu Cardano ?

Cardano adalah salah satu blockchain berbasis proof-of-stake yang dapat digunakan untuk menjalankan program pada kapabilitas smart contract. ADA merupakan mata uang digital yang digunakan sebagai sistem alat pembayaran dalam menggunakan blockchain Cardano. Kesuksesan jaringan Ethereum dalam menciptakan ekosistem aplikasi terdesentralisasi membuktikan bahwa dunia kripto bisa menciptakan industri finansial alternatif. Ethereum berhasil mendorong banyak tim untuk menciptakan jaringan blockchain alternatif yang dapat bersaing Ethereum. Cardano adalah salah satu blockchain yang mencoba menyediakan jaringan alternatif.

Cara Kerja

Proof-of-stake (PoS) 
Koin native Cardano, ADA, tidak ditambang seperti Bitcoin. Sistem proof-of-stake tidak membutuhkan seorang penambang, namun digantikan oleh validator. Validator dipilih oleh jaringan tergantung pada berapa banyak aset ADA yang mereka miliki. Jika mereka dipilih untuk memvalidasi transaksi di blok, mereka bertaruh atau stake ADA yang mereka miliki untuk memverifikasi semua transaksi. Jika blockchain memverifikasi blok validator sudah benar, mereka akan mendapatkan insentif ADA.

Ouroboros
Ouroboros merupakan algoritma yang menjalankan sistem proof-of-stake jaringan Cardano. Ouroboros adalah protokol blockchain pertama yang diciptakan dengan cara peer-reviewed research atau proses riset yang ditinjau oleh akademisi. Algoritma ini digunakan jaringan Cardano untuk mengamankan, memvalidasi transaksi, dan menciptakan ADA baru. Hal ini berbeda dengan sistem proof-of-work yang tidak membatasi jumlah miner yang ingin berkompetisi untuk memverifikasi transaksi, sehingga menghabiskan banyak energi komputasi.

Project Blockchain Cardano (Ada)

Staking
Staking adalah salah satu dari beberapa cara untuk mendapatkan passive income menggunakan aset kripto. Cara ini hanya bisa dilakukan dalam jaringan blockchain yang menggunakan sistem verifikasi proof-of-stake (PoS). Cardano baru meluncurkan fitur staking untuk ADA sejak awal tahun 2021. Dalam proses staking, kamu akan mendepositkan uangmu ke dalam kumpulan dana yang kemudian digunakan validator untuk memverifikasi transaksi PoS.

Dengan bergabung dengan kumpulan validator ini, kamu menjadi delegator untuk proses staking. Aset kamu didelegasikan ke validator pilihanmu dan kamu akan mendapatkan insentif sesuai dengan proporsi uang yang disimpan. Kamu perlu meneliti dengan cermat di mana kamu akan mendelegasikan asetmu karena validator yang tidak tepercaya dapat menyebabkan kamu kehilangan uang yang disimpan.

NFT
Sebagai sebuah blockchain yang mempunyai fitur program smart contract, Cardano membuka potensi untuk pasar NFT yang semakin populer. Saat ini kamu hanya bisa membeli NFT menggunakan ADA di beberapa marketplace kecil yang khusus membuat NFT bagi jaringan Cardano. Marketplace pertama dan terbesar yang menjual NFT Cardano adalah Cnft.io. Pengembangan jembatan antar blockchain berpotensi mempercepat pertumbuhan pasar NFT di Cardano bagi para seniman digital yang lebih memilih memanfaatkan jaringan Cardano daripada Ethereum.

Sebagai Investasi
Saat ini kegunaan koin ADA masih terbatas untuk beberapa aplikasi. Namun, berbagai aplikasi baru sedang dibangun di atas jaringan Cardano. Kebanyakan investor di dunia kripto memiliki kepercayaan tinggi terhadap proyek Cardano yang berfokus pada pendekatan saintifik. Maka dari itu, banyak yang melihat prospek Cardano sebagai salah satu altcoin yang menjanjikan.

Kesimpulan
Cardano adalah platform blockchain generasi ketiga yang menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS). Cardano bertujuan untuk menjadi platform blockchain yang aman, efisien, dan dapat digunakan oleh semua orang. Cardano telah digunakan untuk membangun berbagai macam aplikasi terdesentralisasi, termasuk: Pertukaran terdesentralisasi (DEX), Pasar NFT, Game blockchain, Aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi). Cardano adalah platform blockchain yang menjanjikan dengan potensi untuk mengubah cara kita menggunakan internet. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.