Tugas Pekerjaan Seorang Digital Marketing - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Pekerjaan Seorang Digital Marketing

 Tugas Pekerjaan Seorang Digital Marketing

Tugas Pekerjaan Seorang Digital Marketing

Tugas pekerjaan seorang digital marketing adalah menggunakan media digital untuk mempromosikan produk atau jasa sebuah bisnis atau perusahaan. Seorang digital marketing bertanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi strategi pemasaran digital. Saat ini dunia kerja diwarnai dengan profesi - profesi baru. Berikut ini pekerjaan seorang digital marketing yang punya skill di bidang digital, terdapat banyak lapangan kerja :

1. Copywriting

    Sebuah konten lebih berkualitas ketika dikemas dengan copywriting yang menarik, pesan yang ingin kita sampaikan ke audiens akan lebih mudah diterima dan bisa berdampak untuk brand image serta peningkatan angka penjualan produk atau jasa.
Kamu bisa meningkatkan kemampuan copywriting dengan membiasakan diri membaca dan latihan menulis. Jangan salahya, dengan kemampuan copywriting yang baik, kamu bisa menjadi berkarir sebagai Content Writer.

2. Kuasai Skill SEO

     Biar makin keren, keterampilan copywriting juga harus dibarengi dengan kemmpuan Search Engine Optimatization (SEO). Sesuai dengan namanya, SEO digunakan untuk mengoptimasi posisi website untuk menjadi nomor satu dipencarian.
Nah kamu harus pintar - pintar keyword dengan search volume yang tinggi. Ada banyak website kok yang bisa kamu gunakan untuk melakukan tahap keyword research, seperti Ahrefs, Google KeywordsPlanner, KWFinder by Mangools dan lain - lain. Dengan memiliki kemampuan SEO, kamu bisa menjadi SEO Specialist.

3. Jago Main Sosial Media 

    Siapa yang tidak pernah main sosial media di era sekarang ini, seperti facebook, youtube, aplikasi chatting (whatsapp, telegram), instagram dan masih banyak lagi.
Kamu bisa memanfaatkan beberapa kanal atau teman sosial media, seperti Instagram, Facebook, YouTube, Twitter untuk menunjang kegiatan pemasaran layanan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Sosial media inilah yang digunakan untuk menciptakan awareness calon customer. Kalau kamu punya skill ini, kamu bisa berkarir sebagai Social Media Specialist.

4. Analisis Data Dengan Google Analytics 

    Kemampuan untuk menganalisis ini penting, mengingat daya yang tersedia akan sangat melimpah. Salah satu tool yang banyak digunakan oleh digital marketer adalah Google Analytics.

Google Analytics menyediakan berbagai informasi terkait aktivitas dari sebuah website. kamu bisa mendapatkan banyak info data terkait session duration, pages per session hingga bounce rate dan lain. Kalau kamu suka bermain dengan data, kamu bisa bekerja sebagaai Data Analyst atau Performance Marketing.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.