Teknik Bermain Baseball - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Bermain Baseball

 Teknik Bermain Baseball

Teknik Bermain Baseball

Permainan Baseball merupakan olahraga yang cukup populer di beberapa negara seperti Amerika Utara, Amerika Latin, Asia Timur dan juga Karibia. Di beberapa negara tersebut, olahraga baseball dijadikan sebagai olahraga utama.

Di Amerika, olahraga baseball biasanya dimainkan untuk mengisi waktu luang nasional. Tidak heran, jumlah penonton yang ingin menyaksikan pertandingan baseball ini sangat banyak dan melebihi penonton olahraga jenis lainnya.

Pengertian Baseball

Baseball atau yang biasanya juga disebut sebagai bisbol merupakan salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil. Dalam permainan baseball terdiri dari 2 regu yang saling berlawanan. Satu regu nya terdiri dari 9 orang pemain.

Permainan baseball ini hampir mirip dengan permainan softball, karena mengutamakan kerjasama dan kekompakan tim untuk mencapai sebuah kemenangan. Permainan baseball ini sangat begitu populer di negara Amerika Serikat, karena banyak orang yang memainkan baseball disana.

Tujuan dari permainan baseball sendiri yaitu untuk mempertahankan tim agar tetap menjadi si pemukul bola serta memperoleh angka agar bisa memenangkan suatu pertandingan.

1. Melempar Bola

Teknik melempar merupakan bagian terpenting dalam permainan baseball. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melempar yaitu kekuatan, kecepatan melempar, arah bola, dan akurasi sasaran.

Teknik melempar bola ada tiga, yaitu lemparan atas (overhand throw), lemparan samping (side arm throw), dan lemparan bawah (underhand throw). Lemparan atas yaitu teknik dengan gerak ayunan lengan ke atas melalui garis horizontal pada persendian bahu.

Teknik lemparan samping hampir sama dengan lemparan atas. Perbedaannya hanya di posisi lengan yang agak lurus ke samping. Sementara itu, teknik lemparan bawah dilakukan apabila waktu sudah sangat mendesak dan fielder tidak sempat melakukan gerakan lain.

2. Menangkap Bola

Menangkap adalah suatu usaha yang dilakukan oleh pemain untuk dapat menguasai bola dari hasil pukulan dan lemparan. Tujuannya, yaitu mematahkan serangan lawan atau mematikan pelari.

Ada tiga jenis teknik melempar bola, yaitu menangkap bola lurus, menangkap bola lambung (fly ball), dan menangkap bola gulir (groundball).

3. Memukul Bola

Memukul adalah salah satu teknik dalam baseball yang dilakukan oleh regu penyerang. Dalam hal ini, penyerang melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pitcher.

Teknik memukul terdapat satu gerak yang kompleks, karena di dalamnya diperlukan koordinasi dan pengamatan, pengambilan keputusan untuk memukul, dan kecepatan atau kekuatan untuk melempar lemparan pitcher.

4. Berlari ke Base

Teknik berlari ke base dalam permainan baseball dilakukan setelah pemain (batter) memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher. Batter harus menggunakan lari cepat atau sprint.

Jika melewati lebih dari satu base atau terjadi home run, pelari mengambil tikungan yang sebaiknya tidak terlalu dekat dengan base, yaitu hanya berjarak kurang lebih 2-4 meter saja usai lari menikung.

5. Meluncur (Sliding)

Sliding adalah gerakan meluncurkan badan untuk mencapai base yang dituju dengan mengurangi kecepatan dengan kaki atau tangan terlebih dahulu untuk menyentuh base. Tujuan dari teknik meluncur yaitu untuk dapat mencapai base tanpa mengurangi kecepatan atau menghindari sentuhan lawan dengan cara menjatuhkan diri.

Itulah teknik-teknik dasar dalam permainan baseball yang perlu diketahui agar tidak melakukan kesalahan saat bertanding.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.