Tips Mengadopsi Kucing - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengadopsi Kucing

 Tips Mengadopsi Kucing

Tips Mengadopsi Kucing

Kucing dapat menjadi teman atau bahkan sahabat yang menyenangkan bagi manusia. Tak hanya itu, perilaku kucing yang konyol juga kadang dapat menghibur manusia. kehadiran kucing di rumah dapat menambah keharmonisan karena mempertemukan keluarga untuk saling bercanda dan berbagi bersama.

Saat ini keputusan memelihara kucing tak hanya bisa kita dapatkan dengan cara membeli namun juga bisa dengan cara mengadopsi.

Sayangnya, kadang kita terlena dengan kelucuannya sehingga lupa bahwa si gemas ini tetaplah seekor hewan yang memerlukan perlakuan khusus tentunya. Untuk kamu yang baru pertama kali memelihara kucing, mari simak beberapa tips berikut.

1. Siapkan kebutuhan dasar untuk kucing

Kebutuhan ini meliputi :

• Makanan beserta wadahnya

• Minum beserta wadahnya

• Sekop kotoran

• Litter box

• Pasir kucing

• Sampo kucing

• Hair dryer

• Gunting kuku kucing

• Sikat bulu

• Tas kucing atau cat container

• Kandang

• Mainan kucing

Kamu juga dapat menambah beberapa kebutuhan lainnya seperti snack, vitamin, maupun papan cakar. Kebutuhan ini bersifat primer atau dasar. Jadi, pastikan kamu memiliki barang-barang di atas sebelum mengadopsi kucing!


2. Kenalkan lingkungan sekitar pada kucing

Saat pertama kucing kamu datang ke rumah, jangan langsung di ajak bermain. Yang harus kamu ingat adalah dia baru saja masuk ke lingkungan baru. Jika langsung di ajak bermain yang akan terjadi pada kucing kesayanganmu adalah stress dan menjadi penakut.

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah menaruh kendang kucing dalam keadaan terbuka dalam rumah. Pilih area tempat berkumpul seperti ruang keluarga atau ruangan khusus untuknya. Pastikan pintu dalam rumah terbuka semua sehingga dia dapat mengeksplor lingkungan barunya. Untuk sementara jangan ajak bermain dahulu selama 1-2 hari, biarkan dia mendekatimu sendiri terlebih dahulu untuk memastikan bahwa dia merasa aman didekatmu. Sesekali kamu bisa menyentuh atau membelainya.


3.Tempat persembunyian

Jika Anda pernah menghabiskan waktu dengan kucing, Anda tahu bahwa mereka menyukai ruang kecil. Entah itu kotak kardus kosong atau tempat di antara dua bantal, kucing akan menggeliat masuk ke lubangnya. Selain sangat lucu, memiliki tempat persembunyian yang aman untuk kucing baru Anda penting untuk membuat mereka merasa aman. "Selain melindungi rumah Anda dari kucing, rencanakan untuk memiliki beberapa tempat yang tenang untuk 'bersembunyi' kucing peliharaan baru Anda saat ia sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya."Semua kucing membutuhkan tempat persembunyian kecil mereka sendiri, terutama jika mengadopsi kucing liar, meraka lebih membutuhkan ruang dan waktu untuk berdaptasi.


4. Periksa ke dokter hewan

Jika Anda mengadopsi kucing yang menghabiskan beberapa waktu tanpa rumah tanpa perawatan yang layak, kita tidak tahu apa riwayat kesehatannya atau apakah mereka memiliki masalah kesehatan atau tidak, jadi langkah yang harus kita lakukan adalah membawanya ke dokter hewan untuk di periksa lebih lanjut , tidak sedikit kucing-kucing liar yang menghabiskan waktunya di jalan membawa luka yang akhirnya mengakibatkan kucing tersebut terjangkit penyakit.


5. Anggaran

Semua selalu inign membantu kucing menggemaskan yang membutuhkan rumah, tetapi penting untuk memastikan bahwa itu benar-benar memungkinkan bagi Anda dalam hal logistic atau anggaran.

Pastikan untuk memperhitungakan anggaran Anda sehingga Anda dapat mendedikasikan waktu dan uang agar kucing baru Anda dapat tinggal dengan nyaman. Ini bisa mencakup apa saja mulai dari makanan hingga pasir kucing hingga biaya pengobatan yang tidak terduga.

Itulah kebutuhan yang harus Anda persiapkan dengan matang sebelum mengadopsi kucing.Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang baru ingin memelihara kucing.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.