Apa Itu Tether (USDT) ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Tether (USDT) ?

 Apa Itu Tether (USDT) ?

Apa Itu Tether (USDT) ?

USDT atau USD Tether adalah mata uang crypto yang diterbitkan oleh Tether Limited. USDT termasuk stablecoin yang nilainya dipatok 1:1 dengan mata uang AS (USD). Hal ini membuat USDT memiliki nilai yang stabil dibandingkan dengan aset crypto lainnya. Stablecoin adalah aset crypto yang memiliki nilai yang sama dengan aset tertentu, seperti mata uang dan emas.

USDT adalah pelopor stablecoin yang diluncurkan dengan jaminan mata uang dolar AS. Diterbitkan pada tahun 2014, membuat USDT menjadi stablecoin yang paling banyak digunakan sebagai pairing dalam perdagangan mata uang crypto di berbagai bursa crypto di seluruh dunia.

Seperti yang kita ketahui, salah satu kelebihan cryptocurrency adalah kemampuannya untuk mentransfer aset lebih cepat, murah, dan aman dari satu pengguna ke pengguna lain.

Volatilitas aset kripto, di sisi lain, adalah salah satu faktor yang membuatnya saat ini belum umum dijadikan sebagai penyimpan nilai atau alat tukar untuk kebutuhan sehari-hari. Stablecoin seperti USDT merupakan solusi atas volatilitas nilai aset kripto.

Seperti yang dijelaskan secara singkat di atas, Tether (USDT) adalah token yang memiliki nilai yang sama dengan dolar AS dan dibangun di atas blockchain Ethereum, menggunakan standar token ERC-20.

Nilai USDT dijamin oleh penerbitnya, Tether, agar tetap sama dengan dolar AS. Tether mengalokasikan jumlah USD yang sama ke cadangannya setiap kali mendistribusikan token USDT baru, memastikan bahwa USDT sepenuhnya didukung oleh uang tunai dan aset lain yang setara kas.

Karena volatilitas harga aset kripto yang tinggi, aset kripto dapat naik atau turun hingga 20% dalam satu hari, membuatnya sulit untuk diandalkan sebagai medium penyimpan nilai. USDT, di sisi lain, kebal terhadap volatilitas ini.

Faktor ini menjadikan USDT aset yang aman bagi investor kripto, sehingga mereka dapat menyimpan aset mereka di USDT tanpa harus menukarkan aset kripto mereka ke mata uang fiat dan kehilangan momentum untuk melakukan jual beli pada saat-saat volatilitas sedang tinggi.

Trading

Pasar kripto buka 24 jam sehari. Dengan mengkonversi nilai ke USDT, seorang trader dapat mengurangi risiko terkena penurunan harga mata uang kripto yang cepat. Mentransfer BTC ke USDT daripada ke dolar AS juga jauh lebih cepat dan lebih murah.

USDT menyediakan likuiditas yang konsisten yang dapat ditransfer dengan kecepatan yang sama dan dengan tingkat fleksibilitas yang sama dengan aset kripto lainnya, sehingga memudahkan trader untuk melakukan jual beli.

Pembayaran internasional

Salah satu kelebihan Tether (USDT) adalah kemampuannya membuat bertransaksi dengan dolar AS antar wilayah, negara, atau bahkan benua menjadi sederhana. Teknologi blockchain pada kripto membuat transaksi internasional dapat dilakukan tanpa perlu perantara yang memakan waktu lama dan mahal. Tidak seperti jika menggunakan jasa bank atau penyedia layanan keuangan lainnya.

Menyimpan aset senilai dolar

Masyarakat yang tinggal di negara-negara dengan nilai mata uang yang lemah atau fluktuatif cenderung menyimpan uang mereka dalam dolar AS. Akan tetapi, hal ini tidak mudah dilakukan karena mereka harus menyimpan dalam bentuk uang kas atau mengandalkan bank lokal yang tidak selalu dapat memfasilitasi kebutuhan ini.

Salah satu solusinya adalah dengan menyimpan aset mereka dalam bentuk stablecoin seperti USDT yang mudah ditransaksikan dan memiliki nilai yang stabil.

Infrastruktur DeFi

DeFi atau decentralized finance merupakan salah satu perkembangan di dunia kripto yang semakin populer dan banyak digunakan. Banyak produk atau aplikasi-aplikasi DeFi yang memfasilitasi pinjaman, memberikan bunga, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, karena aplikasi DeFi hanya dapat berinteraksi dengan aset kripto, volatilitas yang tinggi dapat menempatkan pengguna produk De-Fi pada risiko keuangan yang besar. Hal ini karena volatilitas harga yang tinggi dapat menyebabkan likuidasi atau kerugian.

Tether menawarkan solusi dalam bentuk jaminan on-chain yang menjaga nilai tetap stabil. Token Tether dapat digunakan sebagai jaminan untuk berpartisipasi dalam jaringan DeFi tanpa harus mengkhawatirkan volatilitas.


Kesimpulan : 
Tether (USDT) adalah stablecoin, yaitu cryptocurrency yang nilainya dipatokkan (pegged) pada mata uang lain, dalam hal ini dolar Amerika Serikat (USD) dengan rasio 1:1.
Intinya, 1 USDT diharapkan nilainya sama dengan $1 USD. Tether bertujuan memberikan stabilitas harga pada cryptocurrency, tidak seperti Bitcoin yang fluktuatif.
Tether terkenal sebagai salah satu stablecoin terbesar dan banyak digunakan untuk:
  • Trading cryptocurrency: USDT sering digunakan sebagai mata uang perpindahan antara aset kripto lainnya karena nilainya yang stabil.
  • Menyimpan nilai: Investor menggunakan USDT sebagai cara untuk menyimpan nilai dalam bentuk digital tanpa fluktuasi harga tinggi seperti Bitcoin.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.