Tools Untuk Analisa Saham - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tools Untuk Analisa Saham

 Tools Untuk Analisa Saham


Tools Untuk Analisa Saham

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk analisis investasi atau trading saham, tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tools yang sering digunakan :
1. TradingView : Platform yang sangat populer di kalangan investor dan trader saham. TradingView menawarkan dan menyediakan grafik interaktif, indikator teknis, serta fitur-fitur analisis teknikal yang memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis teknikal yang mendalam dan berbagai alat analisis teknikal yang membantu dalam mengidentifikasi tren dan pola harga saham.

2. Spreadsheet (seperti Microsoft Excel atau Google Sheets) : Spreadsheet adalah alat yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan untuk membuat model keuangan, analisis fundamental, serta melacak dan menganalisis data historis saham.

3. RTI Business : RTI Business adalah perangkat lunak yang fokus pada analisis fundamental saham. Platform ini menyediakan berbagai laporan keuangan, analisis rasio keuangan, dan informasi fundamental lainnya yang penting dalam pengambilan keputusan investasi.

4. Sekuritas (platform online broker) : Platform sekuritas biasanya menyediakan berbagai macam informasi pasar saham, analisis teknikal, dan fundamental. Beberapa juga memiliki fitur screener saham untuk mencari saham berdasarkan kriteria tertentu.

5. KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) : KSEI menyediakan informasi terkait kepemilikan saham, pembaruan terkait perusahaan, dan informasi lainnya yang relevan untuk analisis investasi di pasar saham Indonesia. KSEI adalah lembaga yang mengurus proses penyelesaian transaksi saham di Indonesia. Mereka menyediakan informasi terkait kepemilikan saham, pembaruan terkait perusahaan, dan informasi lainnya yang relevan untuk analisis investasi.

6. Google Finance : Google Finance adalah platform yang menyediakan berbagai informasi terkait pasar saham, seperti data historis saham, laporan keuangan perusahaan, berita terkini, dan informasi fundamental lainnya.

7. Yahoo Finance : Platform yang sangat populer di kalangan investor saham. Yahoo Finance menyediakan data pasar saham, laporan keuangan, berita terkini, serta fitur screener saham untuk mencari saham berdasarkan kriteria tertentu.

8. StockCharts: Platform yang fokus pada analisis teknikal saham. StockCharts menyediakan grafik interaktif dengan berbagai indikator teknikal, serta fitur analisis teknikal yang membantu dalam mengidentifikasi tren dan pola harga saham. 

9. Rekening Bank : Meskipun bukan tools analisis langsung, rekening bank penting untuk melakukan transaksi keuangan terkait investasi saham, seperti transfer dana ke dan dari rekening sekuritas. 

Dengan menggunakan kombinasi tools di atas, Anda dapat melakukan analisis yang komprehensif terhadap saham-saham yang diminati. Pastikan untuk memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh setiap platform untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai potensi investasi dan risikonya.

Setiap tools memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung pada kebutuhan analisis dan preferensi pengguna. Sebaiknya Anda mencoba beberapa tools tersebut untuk menemukan yang paling sesuai dengan gaya dan kebutuhan investasi Anda.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.